Kami menyarankan Anda membeli rumah dari developer perumahan lokal yang berpengalaman. Para generasi milenial, pasangan muda, atau orang-orang yang berencana membeli bangungan tempat tinggal harus mengetahui tips membeli rumah. Dengan begitu, kamu tidak akan salah memilih hunian dengan harga terbaik. Banyak orang yang punya kebutuhan mendesak untuk memiliki rumah, namun pembelian secara cash membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, konsumen perlu mengenali perbedaan developer asli dengan developer bodong. “Apakah lokasi rumah akan dekat dengan jalur tol, kereta api, atau jalan artileri,” ujar Ashar. Pastikan saat Anda melakukan over kredit, perjanjian yang dilakukan sebelumnya aman dan menguntungkan.

Banyak yang beranggapan jika rumah yang ditempati merupakan investasi. Meskipun tak sepenuhnya salah, selama rumah masih dihuni dan tidak memberikan penghasilan, maka rumah tersebut belum menjadi investasi. Rumah kedua, ketiga, dan seterusnya bisa menjadi investasi karena bisa dijadikan sumber pendapatan pasif hingga investasi masa depan saat masa pensiun. Bahkan, rumah kedua juga bisa dijadikan agunan untuk meminjam uang demi membeli rumah lainnya. Cipass Residence , membeli rumah kedua juga membutuhkan strategi yang tepat agar tujuan investasi atau bisnis properti Anda bisa untung maksimal.

Dilansir dari laman resmi CNN, berikut ini ada tips efektif untuk memiliki rumah pertama bagi milenial dan gen Z. Dari hasil survei yang telah dilakukan, terbukti bahwa membeli rumah bukanlah hal yang mudah bagi anak muda. Selain karena harga rumah yang semakin mahal setiap tahunnya, inilah alasan lain mengapa kamu sebagai generasi muda perlu untuk segera memiliki rumah. Sedangkan 24,9 persen lainnya mengatakan bahwa mereka belum mampu membeli rumah karena faktor keuangan. Setelah menemukan rumah yang dirasa cocok, Anda bisa menghubungi pihak penjual, baik secara langsung maupun melalui agen properti.

Misalnya penyegelan oleh pihak berwenang, penolakan kredit bank, dan masalah lainnya. Pastikan untuk mempertimbangkan semua aspek tersebut agar keputusan yang Anda ambil sesuai dengan kebutuhan, anggaran, dan keamanan Anda dalam jangka panjang. Mereka memiliki wawasan yang mendalam tentang pasar, lokasi yang potensial, serta kondisi properti. Pastikan juga lokasi bebas dari banjir, tanah longsor dengan mencari info kejadian 10 tahun terakhir. Sulit dipungkiri bahwa memang rumah masih menjadi properti favorit pencari hunian selain apartemen. Faktor kenyamanan seperti luas rumah yang cukup besar jika dibandingkan dengan unit apartemen menjadi pertimbangan masyarakat.

Dokumen ini juga akan menunjukkan bahwa pembangunan perumahan tersebut sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain itu, periksa juga developer properti sudah memiliki Izin Mendirikan Banguna (IMB). Pastikan kamu memeriksa sertifikat tanah dan bangunan sudah balik nama atas nama developer. Kamu bisa membeli hunian dari developer terpercaya yang sudah jelas rekam jejaknya. Developer properti adalah perusahaan atau badan usaha yang bergerak di bidang pengembangan properti, baik perumahan, apartemen, perkantoran, maupun komersial.